gravatar

Gempa 6,8 SR Guncang Yogya



Gempa berkekuatan cukup besar kembali menghampiri Indonesia. Kali ini gempa berkekuatan 6,8 SR mengguncang kawasan Yogyakarta.

Berdasarkan situs BMG, gempa itu berpusat di 263 kilometer Tenggara Wonosari, Yogyakarta. Tepatnya terjadi pada pukul 23.12 WIB, Senin (7/9/2009).

Lokasinya berada di 10.33 LS-110.62 BT dengan kedalaman 35 KM. Meski tidak berpotensi tsunami, getarannya bahkan dirasakan hingga Bali. (mok/mok)
Gempa di Yogya: Warga di Baciro Berhamburan Keluar Rumah

Gempa yang terjadi sempat menghenyak kesunyian malam Pacitan. Di sebagian lokasi di kota warga berhamburan keluar rumah. Seperti nampak di Jalan Veteran. Selain serentak lari ke halaman mereka juga memukul kentongan dan benda lain sebagai tanda bahaya.

Meskipun guncangan tidak terlalu keras, namun gempa yang terjadi selama 30 detik itu membuat warga was-was.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya kerusakan. Sementara sebagian warga telah kembali masuk rumah. Sebagian lainnya memilih tetap berjaga-jaga di sekitar tempat tinggal mereka.

Meski tidak berpotensi tsunami, getarannya bahkan dirasakan
di Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Wonosari, Cilacap, Karang Kates, Jawa Timur hingga Pangandaran, Jawa barat.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, gempa tersebut sempat terjadi beberapa kali. Namun belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian ini.