gravatar

ice age 3



Film sekuel terbaru dari Ice Age, yaitu Dawn of The Dinosaurs. Ice Age seri ketiga ini masih menampilkan karakter Manny mammoth (Ray Romano), Diego sang harimau bertaring panjang (Dennis Leary) dan kukang Sid (John Leguizamo).

Duet sutradara Carlos Saldanha dan Michael Thermeier juga memunculkan karakter dinosaurus di fabel tersebut. Kehadiran dinosaurus dalam fabel di masa es sempat menuai kontroversi di Amerika Serikat (AS) sana. Mengingat, dinosaurus darat dipercaya sudah punah menjelang abad es datang, 65 juta tahun lalu.

Berbeda dengan dua film pendahulunya, Dawn of The Dinosaurs hadir dalam teknologi tiga dimensi (3D). Penonton akan menyaksikan adegan yang lebih hidup, jika menyaksikan film ini dengan kacamata khusus.

Namun kritikus menilai, teknologi 3D sebenarnya tidak perlu. Karena gerak animasi Ice Age 3 halus. Nyaris tak ada bedanya dengan 3D.

Meski ide ceritanya kontroversi, namun Ice Age 3 mampu menyedot perhatian publik di AS. Di awal Juli ini, kisah Manny cs langsung menempati posisi jawara di box office pekan ini dengan perolehan senilai US$ 13,8 juta. Ice Age 3 mampu menggeser Transformer 2 yang mengantongi uang US$ 10,9 juta di pekan ini.

Kritikus film Roger Ebert menilai, Ice Age 3 lebih baik dibandingkan dengan dua prekuel sebelumnya. Tapi kebanyakan kritikus menilai, Ice Age dua seri pertama menampilkan lebih banyak pesan moral.

Film pertama, misalnya, membawa pesan soal pentingnya keluarga dan harmoni dengan alam. Sementara film kedua dipuji karena menggemakan isyu pemanasan global.

Namun banyak kritikus mengakui, Ice Age 3 lebih menghibur dibanding dua seri terdahulu.

Durasi: 94 menit
Genre: Animasi
Dirilis: 4 Juli 2009
Distributor: 20th Century Fox/Emerging Pictures
Sutradara: Carlos Saldanha, Michael Thermeier
Dubber: Ray Romano, Dennis Leary, John Leguizamo